SMP Kristen Citra Bangsa Sebagai Smart School di Kota Kupang

Sekolah Menengah Pertama ( SMP) Kristen Citra Bangsa harus bisa mewujudkan sekolah Smart School.
Sekolah tersebut harus mewujudkan visi dan misi sekolah.

Kepala SMP Kristen Citra Bangsa Kupang, Jublina Ga, usai perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7 sekolah tersebut di Aula UCB, Jumat (7/2), menegaskan SMP Kristen Citra Bangsa bercirikan kekristenan, unggul dan berkarakter.

Jublina mengatakan, dengan ciri khas sekolah serta visi dan misi yang sudah ditargetkan, dia yakin dapat menjadikan sekolah tersebut sebagai smart school di Kota Kupang.

Menurut Jublina, sejauh ini SMP Kristen Citra Bangsa berhasil mencetak kurang lebih 300 orang alumni di tiga angkatan, dan yang aktif sebanyak 538 siswa.

“Saat ini kami fokus dalam pengembangan mutu pendidikan dan menjadikan siswa unggul dalam berkarakter. Siswa harus memiliki karakter takut akan Tuhan agar dapat menghindari kriminalitas yang sering terjadi serta memiliki kemampuan akademik yang baik,” ujarnya.

Perayaan HUT kali ini, katanya, paling spesial karena usia yang ke tujuh bertepatan juga dengan tanggal 7.

Dikatakannya, SMPK Cinta Bangsa memiliki perkembangan yang luar biasa, baik kualitas, kuantitas dan sarana prasaran meski baru brusia tujuh Tahun.

“Perayaan kali ini mengusung tema ‘Melangkah Bersama Menggapai Cita’. Kami akan berkoordinasi, bekerjasama agar bisa menjadikan sekolah ini sebagai sekolah smart school di Kota Kupang,” ujarnya.

Menurutnya, untuk menggapai hal tersebut siswa terus dituntut untuk berprestasi.

Selain itu, katanya, siswa dan guru juga melakukan update dan upgrade diri agar bisa menghadapi tantangan dan persaingan serta tuntutan di masa yang akan datang.

“Semua program peningkatan minat bakat dan lain-lainnya mendapat dukungan penuh dri semua pihak, baik yayasan maupun pihak orang tua.

Ke depan kita berharap sekolah ini tetap mencirikan kekristenan, unggul dalam berkarakter,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, kegiatan tersebut merupakan puncak dari semua rangkaian acara perayaan HUT ke-7 SMPK Citra Bangsa.

“Sebelumnya merencanakan akan menggelar kegiatan donor darah dan lomba futsal antar SMP se-Kota Kupang dan ada 16 tim yang ikut memeriahkan,” tandasnya.

Ketua Yayasan Citra Bina Insan Mandiri, Beny Ndunbuik, dalam sambutannya, menegaskan, ulang tahun kali ini sangat istimewa karena bertepatan dengan tanggal 7, HUT ke 7 dan SMPK Citra Bangsa tetap eksis serta terus berkembang.

Diakuinya, sekolah yang terus berkembang tersebut tidak terlepas dari kerja keras kepala sekolah, guru dan didukung penuh orangtua murid.

“Dukungan tersebut membawa SMPK Citra Bangsa melewati berbagai tantangan, hambatan, dan kini tengah berkembang pesat,” ujarnya.

“Dari hasil kerja keras guru menghasilkan siswa-siswi yang sangat berkualitas serta mencetak berbagai prestasi untuk sekolah dan daerah ini,” tambahnya.

Menurut Beny, berhasi atau tidaknya karakter pembelajaran di sekolah bukan saja menjadi potret dari guru di sekolah, namun juga potret orangtua serta keluarga di rumah.

Sehingga, katanya, siswa tidak boleh mengecewakan orang tua namun terus memberikan prestasi.

Menurutnya, karakter dan moral ditingkatkan dengan berbagai inovasi dari kepala sekolah dan guru agar tidak kalah dengan sekolah lainnya.

Para siswa juga tidak hanya dituntut untuk memperoleh nilai yang tinggi namun harus berkarakter.

“Saya yakin dengan tekat untuk menanamkan karakter takut akan Tuhan sejak dini, dapat menurunkan berbagai angka kriminalitas yang terjadi.

Selain siswa bisa memiliki hikmat dan akal budi yang baik,” tambahnya.

Kepada guru, katanya, mendidik siswa dengan kurikulum yang sudah ada secara baik.

“Siswa dituntut memiliki knowlge, skill, ketrampilan, teknologi, dan spiritual yang mumpuni karena perkembangan zaman yang terus berkembang,” tuturnya.

Ketua Komite SMPK Citra Bangsa, Eduard Gana, menyampaikan ucapan terima kasih atas proses dan kerja keras memajukan lembaga pendidikan Citra Bangsa hingga saat ini.

Diakuinya kepengurusannya baru berusia 7 hari, namun dipastikan akan bekerjasama dengan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

“Kami baru menjabat selama 7 hari, namun yakin akan membangun kerjasama yang baik demi kemajuan SMPK Citra Bangsa agar lebih maju dari sekolah lainnya,” ujarnya. (*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Apolonia Matilde
Sumber : Pos Kupang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *