ROBOTIKA

Makalah

“Robot Atlas”

 

 

OLEH

                                   Nama : Arnoldus Yansen Korbafo

                                  NIM : 171100003

                                 Semester : VI

                                 Mata Kuliah : Kecerdasan Buatan (UAS)

 

 

Universitas Citra Bangsa

Program Studi Pendidikan Informatika

Kupang

2019/2020

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa  yang telah melimpahkan berbagai kenikmatan, diantaranya nikmat kesehatan dan kemampuan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah tentang robot “Atlas”.

Dalam menyelesaikan makalah ini penulis mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gerlan Manu, S.T., M.Kom selaku dosen pengampu mata kuliah kecerdasan buatan dan penulis juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah membantu dalam penulisan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat penulis butuhkan demi perbaikan dan kesempatan dalam penulisan makalah ini di masa yang akan datang.

 

 

 

 

                                                           Kupang,       Juli  2020

 

 

                                                                                    Penulis

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR……….……………………………………………………..2

DAFTAR ISI…………….……………………………………………………….…3

 

BAB I PENDAHULUAN…………….…………………………………………4

1.1  Latar Belakang……..……………………………………………………..4

1.2  Rumusan Masalah……………………………………………………….6

 

BAB II PEMBAHASAN…………..………………………………………..….7

2.1  Pengertian robot Atlas.…………..……………………………………7

2.2 Perkembangan robot Atlas……………………..…..………………….8

2.3 Sistem kerja teknologi robot Atlas………………………….………9

 

BAB III PENUTUP……………..…………………………………………………11

3.1 Kesimpulan…………………………………………………………………..11

3.2 Saran………………………………………………………………….………….11

DAFTAR PUSTAKA…………………….…….…………………………….……12

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1 Latar belakang

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan suatu inovasi baru dalam ilmu pengetahuan.Adanya kecerdasan buatan dimulai pada munculnya komputer modern pada tahun 1940 dan tahun 1950. Ini merupakan kemampuan mesin mesin elektronika baru untuk menyimpan sejumlah besar info dan memprosesnya dengan kecepatan yang sangat tinggi menandingi kemampuan manusia. Mulai dari sinilah telah banyak realisasi yang terjadi. Hal ini terbukti dengan adanya sistem komputer yang menyusut dalam ukuran. Selain itu pertambahan memori dalam kapasitas penyimpanan secara langsung yang mana semua itu sama dengan kapasitas penyimpanan pada otak manusia.

Pada era globalisasi seperti saat ini kita tidak bisa lepas dari mesin yang bernama komputer. Semua kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas belajar maupun pekerjaan sangat membutuhkan komputer. Kecanggihan teknologi semakin memudahkan manusia dalam menyelesaikan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Karena komputer merupakan suatu mesin yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi apapun sesuai yang kita butuhkan, hanya saja kita harus mengetahui kemampuan atau kapasitas dari mesin tersebut. Semua yang kita inginkan atau apa yang ingin kita ketahui semua ada di dalamnya. Seperti game, ilmu pengetahuan, bisnis (ekonomi), kedokteran, farmasi, militer, politik dan lain sebagainya.

Meskipun tidak ada yang dapat meramalkan masa depan secara rinci, jelas bahwa komputer dengan tingkat kecerdasan manusia (atau lebih) akan memiliki dampak besar pada kehidupan sehari-hari dan peradaban di masa depan. Karena itu, kecerdasan buatan merupakan satu hal penting dalam perkembangan teknologi abad ini. Hal ini akan mempengaruhi negara-negara yang memainkan peranan penting dalam perkembangan kecerdasan buatan yang kemudian akan muncul sebagai negara-negara adi kuasa. Untuk itu, bidang kecerdasan buatan atau AI sangat penting untuk dipahami dan dipelajari oleh manusia terutama mahasiswa, karena kegunaannya bagi manusia sangat dibutuhkan baik sekarang dan masa depan.

Ketika orang berpikir tentang Inteligensi Buatan (AI), gambar utama yang muncul di kepala mereka adalah robot yang meluncur di sekitar dan memberikan balasan mekanis. Ada banyak bentuk AI tetapi robot humanoid adalah salah satu bentuk yang paling populer. Mereka telah digambarkan dalam beberapa film Hollywood dan jika Anda adalah penggemar fiksi ilmiah, Anda mungkin menemukan beberapa humanoids. Salah satu bentuk humanoids paling awal diciptakan pada tahun 1495 oleh Leonardo Da Vinci. Itu adalah baju zirah dan bisa melakukan banyak fungsi manusia seperti duduk, berdiri dan berjalan. Bahkan bergerak seolah-olah manusia nyata ada di dalamnya.
Awalnya, tujuan utama AI untuk humanoid adalah untuk tujuan penelitian. Mereka digunakan untuk penelitian tentang cara membuat prostetik yang lebih baik untuk manusia. Sekarang, humanoids sedang dibuat untuk beberapa tujuan yang tidak terbatas pada penelitian. Humanoids modern dikembangkan untuk melakukan tugas manusia yang berbeda dan menempati peran yang berbeda di sektor ketenagakerjaan. Beberapa peran yang bisa mereka tempati adalah peran asisten pribadi, resepsionis, petugas meja depan dan sebagainya.
Proses menciptakan humanoid cukup rumit dan banyak pekerjaan dan penelitian dimasukkan ke dalam proses. Sering kali, penemu dan insinyur menghadapi beberapa tantangan. Sensor dan aktuator kelas satu sangat penting dan kesalahan kecil dapat menyebabkan gangguan. Humanoids bergerak, berbicara, dan melakukan tindakan melalui fitur-fitur tertentu seperti sensor dan aktuator.

 

 

 

1.2  Rumusan Masalah

 

  1.  Apa itu robot Atlas  ?
  2.  Bagaimana perkembangan daripada robot Atlas ?
  3.  Bagaimana implementasi daripada sistem kerja teknologi robot Atlas ?

Berdasarkan rumusan masalah diatas maka dalam makalah ini akan membahas tentang Robotika.

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1  Pengertian Robot Atlas

Robot Atlas merupakan sebuah robot Humanoid dengan bentuk yang menyerupai tubuh manusia, dengan mempergunakan teknologi canggih terbaru yang dikembangkan perusahaan Boston Dynamics. Dimana robot Atlas sendiri terpasang sistem kontrol yang super canggih, dengan koordinasi dari gerakan lengan, batang tubuh, dan juga kaki agar dapat memberikan keseimbangan yang stabil dan juga tidak mudah jatuh terbaring saat di medan yang halus seperti lantai dan medan yang kasar seperti di tanah yang berpasir. Robot atlas sendiri dirancang agar dapat kembali bangkit berdiri tegak saat ia terjatuh ke lantai, salah satu kemampuan dari robot atlas ialah dapat mengangkat beban berupa kotak dan meletakkannya di rak yang sudah di persiapkan.

Didalam robot atlas tersebut telah terpasang sebuah alat berupa sensor LiDAR serta sensor Streo Vision, dimana sensor ini dirancang agar dapat merasakan beberapa keadaan kondisi lingkungan agar dapat beroperasi diluar ruangan. Dengan kedua sensor yang dipergunakan oleh sistem teknologi robot atlas, yang pertama ialah sensor LiDAR dipasang pada kaki robot dan badan robot berfungsi untuk menyeimbangkan keadaan robot pada saat berdiri dan juga berjalan. Sensor yang kedua yang di miliki oleh robot atlas ialah sensor streo vision yang dipasang dibagian kepala robot berfungsi untuk menghindari rintangan, memahami lingkungan yang akan dilewati robot, dan juga dapat membantu robot untuk menuju target dan bisa pulang kembali ke tempat asalnya.

Robot atlas dirancang khusus untuk melewati berbagai macam rintangan, serta lingkungan yang tidak rata. Robot ini juga sudah dirancang, agar dapat bangkit berdiri kembali saat terjatuh. Perancangan, desain, pembuatan robot atlas memang sangat sulit, dan banyak sekali simulasi yang di perlukan agar robot dapat bekerja dengan baik. Robot Atlas tidak sama dengan rancangan seperti robot mainan, robot ini dirancang untuk sebuah kompetisi, robot dari perusahaan lain mungkin lebih mudah dan tidak memerlukan banyak analisis data kompleks. Akan tetapi memang Robot Atlas dirancang khusus untuk tujuan militer, agar dapat membawa beban yang cukup berat, dengan jarak tempuh yang sangat jauh. Robot atlas mempunyai 28 sendi, yang dapat lebih leluasa dalam bergerak dan melakukan tugas yang akan dilaksanakan. Akan tetapi tidak akan seperti pada manusia pada umumnya, yang mampu bergerak dengan mudah dengan berbagai medan, karena manusia memiliki sebanyak 360 sendi pada seluruh rangka tubuhnya.

2.2  Perkembangan robot Atlas

Robot Atlas adalah robot humanoid bipedal yang utamanya dikembangkan oleh perusahaan robotik Amerika Serikat Boston Dynamics, dengan dana dan pengawasan dari Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA).

Robot yang telah dikembangkan sejak tahun 2011 ini merupakan robot berbentuk manusia yang bisa bergerak dengan tenaga baterai. Saat ini robot tersebut sudah bisa bergerak dan mempunyai keseimbangan yang sangat mirip dengan manusia.

Atlas merupakan nama dari ciptaannya tersebut. Atlas adalah Robot yang terbaru dalam sederetan robot humanoid canggih yang sedang dikembangkan oleh Boston Dynamics. Sistem kontrol pada Atlas ini mampu mengoordinasikan gerakan lengan, badan dan kaki untuk mencapai manipulasi mobile seluruh tubuh, sangat memperluas jangkauan dan ruang kerjanya. Kemampuan Atlas untuk menyeimbangkan saat melakukan tugas memungkinkannya untuk bekerja dalam volume besar.

Perangkat keras yang terdapat pada Atlas ini memanfaatkan pencetakan 3D untuk menghemat berat dan ruang, menghasilkan robot yang luar biasa dengan rasio kekuatan-ke-berat yang tinggi dan ruang kerja yang besar secara dramatis. Penglihatan stereo, penginderaan jangkauan dan sensor lainnya memberi Atlas kemampuan untuk memanipulasi objek di lingkungannya dan melakukan perjalanan di medan yang kasar. Atlas menjaga keseimbangannya ketika didorong atau didorong dan dapat bangkit jika itu berakhir.

 

2.3  Sistem kerja teknologi robot Atlas

Atlas merupakan robot versi termutakhir yang dikembangkan oleh Boston Dynamics. Sistem kontrol yang dimiliki atlas mengkoordinasi gerakan lengan, batang tubuh, dan kaki untuk memperoleh manipulasi gerakan tubuh secara keseluruhan.

Kemampuan Atlas untuk menyeimbangkan diri saat melakukan berbagai kegiatan memungkinkan robot ini untuk bekerja dalam volume berat.

Hardware yang dimiliki Atlas diperoleh dari teknologi pencetakan 3D yang meminimalisir kelebihan berat dan ruang. Hasilnya didapatkan robot yang padat dengan rasio tinggi dan bobot yang tepat.

Penglihatan stereo , sensor pengira dan sensor-sensor lainnya memberikan kemampuan pada Atlas untuk mengenali objek di sekitarnya dan memungkinkan robot ini untuk berjalan di alam terbuka.

Penglihatan stereo , sensor pengira dan sensor-sensor lainnya memberikan kemampuan pada Atlas untuk mengenali objek di sekitarnya dan memungkinkan robot ini untuk berjalan di alam terbuka.

Atlas dapat menjaga keseimbangannya dengan baik ketika terperosok ataupun terjatuh. Robot ini juga dapat bangkit sendiri jika terguling. Robot dinamis ini memiliki tinggi sekitar 1,5 hingga 1,8.

 

 

BAB III

PENUTUP

 

3.1  Kesimpulan

Robotik adalah ilmu tentang robot, yang merupakan mesin yang dapat meniru tindakan tertentu manusia. Ada robot yang dapat secara otomatis menanggapi kondisi lingkungan sekitarnya. Sedangkan robot merupakan suatu seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Sehingga robot dalam meringankan tugas manusia.

Robot Atlas merupakan sebuah robot Humanoid dengan bentuk yang menyerupai tubuh manusia, dengan mempergunakan teknologi canggih terbaru yang dikembangkan perusahaan Boston Dynamics. Dimana robot Atlas sendiri terpasang sistem kontrol yang super canggih, dengan koordinasi dari gerakan lengan, batang tubuh, dan juga kaki agar dapat memberikan keseimbangan yang stabil dan juga tidak mudah jatuh terbaring saat di medan yang halus seperti lantai dan medan yang kasar seperti di tanah yang berpasir. Robot atlas sendiri dirancang agar dapat kembali bangkit berdiri tegak saat ia terjatuh ke lantai, salah satu kemampuan dari robot atlas ialah dapat mengangkat beban berupa kotak dan meletakkannya di rak yang sudah di persiapkan.

 

3.2  Saran

Saat ini sudah banyak teknologi kecerdasan buatan yang dihasilkan dan dipakai oleh manusia. Misalnya saja pada robot Atlas yang bisa melompat dan berjalan. Dengan kehadiran akan teknologi robot canggih ini semoga kedepannya dapat lebih deikembangkan lagi dengan multifungsi yang menjamin akan keberlangsungan aktifitas manusia sehari-hari dalam melakukan tugas-tugas pekerjaan manusia yang lebih efektif dan efisien.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

https://www.emosianisme.net/2018/02/robot-atlas-dengan-teknologi-canggih.html

https://www.anakteknik.co.id/a/MrRobot/ATLAS-Robot-Parkour-Era-Baru-Industri-Robotika

https://id.techinasia.com/atlas-robot-manusia

https://kumparan.com/ari-ulandari/atlas-robot-dinamis-yang-jago-nge-gym/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *